Menulis Tujuan Pembelajaran RPP Format ABCD


Tujuan Pembelajaran berisi penguasaan kompetensi yang operasional yang ditargetkan/dicapai dalam RPP. Tujuan pembelajaran berarti juga sesuatu yang diharapkan muncul pada siswa setelah proses pembelajaran, misalnya mengidentifikasi, menjelaskan, menunjukan, dan kata operasional lainnya.

download-rpp-dan-silabus

Dalam perkuliahan Pengembangan Bahan Pembelajaran (PBP) yang diampu Prof Dr Mohamad Nur (Unesa), saya ingat bahwa kata kerja dalam tujuan pembelajaran harus sama dengan kata kerja pada indikator (copy paste).

Contoh:

III.  Indikator                       

A.    Kognitif

Produk:  Menjelaskan cara mempercepat pertumbuhan tumbuhan gurun atau daerah kering lainnya

Menjelaskan kondisi fisik dan kimia yang cocok untuk tumbuhan gurun atau daerah kering lainnya

Proses: Merancang  dan melakukan penyelidikan komposisi media tanam yang  dapat mempercepat pertumbuhan   tumbuhan gurun atau daerah kering  lainnya (Merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, meren

canakan percobaan, mengumpulkan informasi yang diperlukan, memilih alat dan bahan yang diperlukan, menggunakan alat yang penting dalam percobaan yaitu neraca, merancang tabel data)

Psikomotor: Menggunakan neraca untuk mengetahui massa (pertambahan massa pada tumbuhan)

Afektif:

Perilaku berkarakter: kejujuran, membantu teman yang membutuhkan, berkreasi, tepat waktu, teliti atau cermat, tanggung jawab

Keterampilan sosial: bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, bekerja sama

IV. Tujuan Pembelajaran: 

A.  Kognitif

Produk: Secara mandiri siswa dapat menjelaskan cara mempercepat pertumbuhan tumbuhan gurun atau daerah kering sesuai dengan deskripsi yang tercantum pada Kunci LP SD Bio 01.

Secara mandiri siswa dapat menjelaskan kondisi fisik dan kimia yang cocok untuk tumbuhan gurun atau daerah kering sesuai dengan deskripsi yang terdapat pada Kunci LP SD Bio 01.

Proses: Diberikan alat dan bahan dan LP  SD Bio 01: Apakah Komposisi Media Tanam Mempengaruhi Kecepatan Pertumbuhan Lidah Buaya? Siswa dapat merancang dan melakukan penyelidikan komposisi media tanam yang  dapat mempercepat pertumbuhan tumbuhan gurun (Merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merencanakan percobaan, mengumpulkan informasi yang diperlukan, memilih alat dan bahan yang diperlukan, menggunakan alat yang penting dalam percobaan yaitu neraca, merancang tabel data)

Psikomotor: Diberikan neraca dan kelengkapannya siswa dapat menggunakan neraca itu untuk mengetahui massa (Pertambahan massa pada tumbuhan)

Afektif: 

Perilaku berkarakter: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa, siswa dinilai membuat kemajuan  dalam menunjukkan karakter kejujuran, membantu teman yang membutuhkan, berkreasi, tepat waktu, teliti atau cermat, tanggung jawab.

Keterampilan sosial: Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa,  siswa dinilai membuat kemajuan  dalam menunjukkan keterampilan sosial bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, bekerja sama.

 

download: tujuan pembelajaran format ABCD

http://www.4shared.com/file/kUrW62M7/Menulis_Tujuan_Pembelajaran_Ve.html

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s