PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI
BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MELATIHKAN
KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH
Oleh. Agus Rohman, Mohamad Nur, Tukiran
Program Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Unesa
Email: sukses_boz@yahoo.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran, keterbacaan buku siswa dan LKS, keterlaksanaan RPP, aktivitas siswa, respon siswa, hasil belajar produk, dan hasil belajar keterampilan memecahkan masalah. Ujicoba dilakukan pada 36 siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri I Kebomas Gresik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pengembangan perangkat pembelajaran mengikuti rancangan model 4-D dari Thiagarajan (1974) dan tahap implementasi perangkat pembelajaran di kelas selama 3 kali pertemuan menggunakan rancangan pretest-posttest design. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: validasi RPP berkategori sangat baik, buku siswa dan LKS berkategori baik, dan LP berkategori valid. Skor penilaian keterbacaan buku siswa dan LKS menunjukkan bahwa materi dalam buku siswa dan LKS tepat digunakan untuk pembelajaran dan mudah dipahami. Keterlaksanaan RPP berkategori baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa yang paling dominan adalah melakukan pengamatan, merencanakan eksperimen, dan melakukan eksperimen. Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran model inkuiri berbasis laboratorium. Ketuntasan individual hasil belajar produk dan keterampilan memecahkan masalah telah tercapai.
Kata-kata Kunci: Model inkuiri, laboratorium, keterampilan memecahkan masalah