Guru = Perantara Ilmu Tuhan di Bumi


“Menjadi pendidik, (atau guru, baik formal atau non-formal) adalah satu-satunya profesi yang menciptakan segala macam jenis profesi lainnya”.

Mengapa Finladia bisa menjadi negara yang memiliki kualitas terbaik di dunia dalam hal pendidikan? Mau tau aja apa mau tau banget? (ckckckckck….). Berikut adalah rahasianya:

Pertama, kualitas guru yang luar biasa di finlandia. seseorang dapat menjadi guru apabila telah mendapat gelar master dan merupakan lulusan terbaik dari universitas terkemuka. Menjadi seorang guru adalah pekerjaan terhormat di negri ini dan setiap orang berbondong-bondong untuk ujian masuk perguruan tinggi dengan persaingan ketat. ujian masuk nya lebih sulit daripada ujian masuk kedokteran atau jurusan sains lainnya. hal ini membuktikan bahwa finlandia benar-benar menjadikan profesi guru bukan sebagai profesi kelas dua dan asal-asalan. prinsipnya majunya pendidikan suatu bangsa berasal dari tingginya mutu para guru-guru di bangsa tersebut. satu hal lain yang unik adalah para guru di finlandia diberi kewenangan sendiri unutk menciptakan suasana mengajar dan isi pembelajaran dan tidak disibukkan dengan target tertentu oleh pihak sekolah.

Kedua, Suasana belajar dan mengajar yang santai. murid-murid sekolah di finlandia tidak mengenakan seragam saat bersekolah. mereka diizinkan memakai pakaian kasual yang nyaman bagi mereka. hal ini juga berlaku pada guru-guru di sana. tidak ada istilah PR ( pekerjaan rumah ) dalam sisiem sekolah di negri ini. bahkan finlandia tercatat sebagai negara dengan waktu belajar terseingkat di dunia dibanding negara maju lainnya yaitu 4-5 jam per hari. bayangkan apabila ini terapkan di indonesia (^O^)

selain itu , guru yang mendampingi dalam 1 kelas ada 3 orang  . 2 guru pengampuh mata pelajaran dan 1 orang guru lagi untuk mendampingi anak secara individual apabila mengalami kendala saat proses belajar berlangsung.
Ketiga, tidak ada istilah UN di finlandia. anak-anak finlandia belajar menentukan minat mereka maisng-masing saat akan memasuki bangku kuliah, dan ini akan terus diarahkan oleh guru sejak masa sekolah menengah. biasanya anak finlandia masuk ke bangku sekolah pada usia 7 tahun dan selama 9 tahun kedepan tidak ada pergantian tingkatan pendidikan dasar ke tingkatan selanjutnya seprti di indonesia dari SD menuju SMP melainkan digabung karena menurut mereka ini dapat mengganggu perkebangan pendidikan si anak. tidak ada istilah anak tertinggal di sekolah-sekolah di negara ini apalagi kelas unggulan. setiap anak diperlakukan sama . apabila ada anak yang mengalami hambatan dalam belajar maka guru akan berusaha membuat si anak mengejar ketertinggalannya.
Keempat, Kepedulian pemerintah. pemerintah finlandia mengeluarkan banyak biaya untuk kemajuan pendidikan negaranya dengan sekolah gratis 9 tahun . bahkan sekolah swasta diberika dana oleh pemerintah agar dapat menyelenggarakan pendidikan gratis. pemerintah juga turut andil dalam menumbuhkan minat baca pada rakyat nya dengan memberikan buku gambar gratis kepada pasangan orang tua baru. perpustakaan yang dapat diakses dengan mudah dan fasilitas pendidikan lainnya.
Bandingkan dengan Indonesia?
Sebelum tahun 2005, kampus-kampus pencetak guru termasuk kampus yang sebisa mungkin tidak dijamah siswa. Hampir mereka yang menjadi gur karena tidak diterima kampus lain yang dicita-citakan.
         Persentase guru yang berpendidikan S1 atau lebih

  • Hanya 22,15% dari seluruh guru SD di Indonesia berpendidikan S1 atau lebih
  • Hanya 71,67% dari seluruh guru SMP di Indonesia berpendidikan S1 atau lebih
  • Hanya 81,4% dari seluruh guru SMA & SMK di Indonesia berpendidikan S1 atau lebih

UU Guru dan Dosen merupakan tonggak pencitraan guru di Indonesia. Kampus2 sebagai pabrik pencetak guru ramai peminat.

Saya sendiri merasakan kebahagiaan dan kenikmatan yang luar biasa menjadi seorang pendidik. Selain pendidik adalah satu-satunya profesi yang menciptakan segala macam jenis profesi lainnya. Pendidik juga merupakan perantara ilmu Tuhan di Bumi. Untuk itu, saya akan berjuang, berusaha, dan berdoa agar di kampus STKIP Surya Tangerang Banten yang notabene nya adalah kampus pencetak pendidik di mana mahasiswanya adalah dari daerah tertinggal. Dengan mencetak pendidik di daerah tertinggal, maka diharapkan pendidikan yang mensejahterakan bisa merata menuju INDONESIA JAYA.

Warm Regards

Agus Rohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s