Menjadi Dosen Impian


17  Januari 2013 seolah menjadi saksi kunci betapa menjadi pendidik itu sangat lah menyenangkan.. Ya, tepat hari ini, Kamis pukul 09.45 di Ruang 301 Gedung STKIP Surya adalah perkuliahan terakhir mata kuliah pengantar pendidikan…Di perkuliahan terakhir ini, saya meriview materi UAS (yang dilaksanakan tanggal 21 Januari 2013) dengan menerapkan metode pembelajaran snowball throwing kemudia dilanjutkan game. Sebagai seorang pendidik (dosen), saya berusaha meningkatkan kualitas dan cara mengajar yang disukai siswa dan mudah dipahami. Oleh karena itu, setiap mahasiswa saya tugaskan membuat Pesan dan Kesan selama mengikut mata kuliah ini..

1

Di gedung 402, mataku berkaca-kaca ketika membaca untaian tulisan mereka. Tak pernah kubayangkan sebelumnya, aku di mata mereka adalah sosok dosen impian yang selalu memotivasi dan menginspirasi. Dari 28 Mahasiswa yang hadir, hampir 99% mengatakan hal itu..Semoga pesan dan kesan ini membuat saya selalu semangat mengabdi pada bangsa melalui pendidikan khususnya di kampus yang sangat saya cintai ini (STKIP Surya adalah milik Prof Yohanes Surya, PhD).

Selama ini, saya hanya menerapkan sebuah kata mutiara yaitu:

“Siswa tidak peduli betapa pintarnya seorang guru, yang mereka pedulikan adalah apakah guru tersebut juga peduli terhadap dirinya”

Dan saya sangat menyayagi semua mahasiswa saya, karena setiap dari mereka adalah istimewa.

Refleksi dari mahasiswa ini akan saya gunakan untuk selalu meningkatkan cara mengajar saya, dan saya berharap bisa melanjutkan kuliah ke jenjang S3 (yang saya prioritaskan di australia dan di UPI bandung).

Semoga saya bisa menjadi pendidik yg selalu memberikan harapan dan motivasi bagi mereka. every child is special.

Guru yang biasa-biasa saja memberi tahu. Guru yang baik menjelaskan. Guru yang bagus menunjukkan bagaimana caranya. Tetapi guru yang luar biasa menginspirasi murid-muridnya.

~  William A. Ward  ~

Tinggalkan Balasan

