Surya University


surya

Prof. Yohanes Surya, PhD  say:
Banyak yang bertanya pada saya, “kok Program Studi di Surya Univ aneh, tidak umum seperti kebanyakan?”
Tulisan dibawah ini mungkin bisa menjadi jawabnya…

Visi utama adalah berpartisipasi dalam membangun Indonesia Jaya (Mandiri, maju, aman, sehat, adil, makmur),

1.    Program studi  Green Economy:   mencetak ahli-ahli ekonomi yang mampu  memecahkan masalah-masalah ekonomi dengan memperhatikan isu-isu lingkungan (perubahan iklim, pencemaran, energi bersih dsb).  Dimasa mendatang keputusan ekonomi sangat ditentukan oleh isu lingkungan.

2.    Program Studi Environmental Engineering mencetak lulusan yang mampu menyelesaikan masalah-masalah lingkungan seperti pengolahan limbah (baik padat maupun cair), pemanfaatan renewable energi dan penghematan energi pada bangunan (smart-green building),  smart-real estate atau smart-green city, konservasi hutan, dan pengurangan dampak perubahan iklim.

3.    Untuk mendukung terciptanya smart-green building ataupun smart-green city dibutuhkan  energi alternatif (energi yang tidak menyebabkan pencemaran). Program Studi  Physics-Energy Engineering menyiapkan lulusannya yang mampu mengubah energi (matahari, angin, arus laut, ombak, air atau panas bumi) menjadi energi listrik.

4.    Energi alternatif dapat juga dibuat dari makhluk hidup (hewan dan tanaman) lewat proses biologi dan kimia. Program Studi  BioChem-Energy Engineering mencetak lulusannya yang mampu membuat energi alternatif dari merang padi, rumput, tebu, singkong,  pohon jarak, alga ataupun dari kotoran sapi.  Ini akan menjadi prioritas negara kita. Bisnis yang sangat menarik!!

5.    Untuk meningkatkan produk energi alternatif  dibutuhkan ahli bioteknologi yang dicetak oleh Program Studi Biotechnology & Neuroscience.   Ahli Bioteknologi ini juga mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi tanaman seperti sawit, padi, karet, coklat, bibit-bibit unggul cabai, terong dll dan berbagai produk turunannya. Selama kuliah mahasiswa diajarkan untuk mampu memodifikasi  bentuk/rasa/ukuran/jumlah tanaman ,hewan  atau organ tubuh untuk kepentingan yang lebih bermanfaat. Di Program Studi  ini peminatan neuroscience dibuka untuk mencetak ahli-ahli neuroscience yang berkembang begitu pesat akhir-akhir ini.

6.    Produk-produk pertanian/peternakan  yang dihasilkan lewat bioteknologi akan lebih memberikan kesejahteraan jika diolah dengan baik lewat teknologi mutakhir. Lulusan Program Studi  Nutrition and Food Technology akan diajarkan cara mengolah produk-produk ini untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

7.    Produk-produk yang melimpah dari bidang pertanian (termasuk benih unggul) merupakan bisnis triliunan rupiah. Ini perlu dikelola oleh orang-orang Indonesia yang mengerti cara berbisnis bidang-bidang pertanian ini (termasuk bisnis bunga).  Lulusan Program Studi Agribusiness akan mempunyai kemampuan untuk mengelola bisnis yang menggiurkan ini dari mulai benih, panen, keuangan, marketing, penjualan  hingga distribusi.

8. Ada orang-orang yang lebih tertarik untuk menjadi seorang entrepreneur (wira usaha) untuk berbagai produk-produk yang dihasilkan dari green economy dan juga dari perkembangan teknologi yang luar biasa. Mereka dapat belajar menjadi technopreneur (entrepreneur yang tahu teknologi) dengan belajar di Program Studi Technopreneurship.  Pada program studi ini ada peminatan Financial Analysis yang akan mencetak  entrepreneur bidang jasa keuangan (termasuk menjadi pialang atau pemain saham).

9.     Bisnis membutuhkan komunikasi!  Program Studi Digital Communication mencetak lulusannya yang mampu mengkomunikasikan sesuatu dengan teknologi/gadget terdepan (seperti bagaimana menjadi jurnalis di era digital, bagaimana menjadi program director film 3D, bagaimana menjadi presenter masa mendatang dsb).

10.    Indonesia Jaya sulit terwujud jika tidak ada ahli-ahli teknologi informasi yang handal. Lulusan Program Studi Human Computer Interaction akan menguasai teknologi informasi untuk berbagai keperluan dari mulai entertainment (3D games), kesehatan (virtual reality), pendidikan (e-learning) hingga bisnis (e-business).

salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s