Research: Laki-laki lebih banyak Mencontek daripada Perempuan


Penelitian-penelitian awal menunjukkan bahwa mencontek tampaknya lebih berhubungan dengan situasi tertentu daripada dengan kejujuran atau ketidakjujuran individu secara umum (Burton, 1993). Hasil penelitian tersebut seolah menekankan bahwa situasi yang kritis dan berpeluang untuk tidak ketahuan akan terus terulang di kelas lain tetapi mereka tidak pernah terpikirkan untuk berbohong kepada teman 37atau mengutil sesuati di mall. Hal ini mengindikasikan bahwa faktor N-K (niat dan kesempatan) sangat penting adanya. Siswa yang punya niat mencontek sewaktu ujian, tetapi saat itu seorang pengawas memperhatikannya, maka kemungkinan dia mencontek kecil. Begitu juga ketika ada kesempatan tetapi siswa itu tidak memilikii niat untuk mencontek, maka sangatlah mustahil mencontek dapat terjadi.

Pada sebuah studi, sekitar 60% siswa SMA dan 70% siswa SMA percaya bahwa mencontek adalah masalah serius di sekolah mereka (Evans&Craig, 1990). Pada 1996, Steinberg melaporkan bahwa 66% remaja dalan studinya mengaku pernah mencontek di sebuah tes selama setahun silam dan angka-angka yang mencapai 90% telah dilaporkan untuk mahasiswa (Jensen, Arnett, Feldman,&cauffman, 2001). Akan tetapi fakta yang menyedihkan adalah mencontek di semua kelompok telah meningkat selama 20 tahun terakhir ini (Jensen, Arnett, Feldman,&Cauffman, 2002; Murdock, Hale,&Weber, 2001).

Ada perbedaan individu dalam mencontek. Kebanyakan studi terhadap remaja dan mahasiswa menemukan bahwa laki-laki lebih b9451343361774anyak yang mencontek daripada perempuan dan siswa yang berprestasi rendah lebih banyak yang mencontek daripada mereka yang berprestasi tinggi.

Sumber:

Woolfolk, Anita. 2009. Educatioanl Psychology: Active Learning Editian, 9th ed. Boston: Allyn and Bacon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s