Beda Model, Strategi, Metode, Pendekatan, dan Teknik Pembelajaran


Di hari pertama perkuliahan strategi dan model pembelajaran fisika (SMPF) hanya diikuti oleh 20 mahasiswa dari total 30 mahasiswa. Mereka angkatan 2010 dan 2011 yang berasal dari papua dan kupang. Datang tepat pukul 08.00 tetapi masih ada juga mahasiswa yang terlambat..ya dimaklumi, namanya mahasiswa. katanya sibuk (sithik-sithik bubuk = sedikit2 tidur). Namun, dalam diri mereka tersorot mata elang semangat yang siap membangun negeri tercinta menuju Indonesia Jaya.

Di awali dengan pemberian motivasi dan penayangan video2 pembangun jiwa kemudian dilanjutkan pre test. Mereka sangat antusias ketika memberikan komentar tentang video2 pengajaran seorang guru. Saya lihat beberapa dari mereka sudah mantab menjadi guru, tetapi ada juga yang belum siap meskipun mereka kuliah di kampus pendidikan. Tetapi semua akan berproses untuk menjadi guru harapan bangsa. A great teacher begins from a good teacher. . .

Pokok bahasan di hari pertama kuliah SMPF ini adalah tentang perbedaan model, strategi, metode, pendekatan, dan teknik pembelajaran. Dalam menyampaikan materi itu, saya menggunakan model pembelajaran diskusi. Awal mereka nampak malu-malu, tetapi setelah diberikan pengertian dan motivasi, akhirnya sedikit demi sedikit mereka menyampaikan pendapatnya.

The aim of education should be to teach us rather how to think, than what to think – rather to improve our minds, so as to enable us to think for ourselves, than to load the memory with thoughts of other men.  ~Bill Beattie

Tujuan pendidikan harusnya untuk mengajarkan kita cara bagaimana berpikir, daripada mengajarkan apa yang harus dipikirkan – mengajarkan memperbaiki otak kita sehingga membuat kita bisa berpikir untuk diri sendiri, daripada membebani memori otak kita dengan pemikiran orang lain.
di bawah ini saya sertakan slide materi kuliahnya. semoga bermanfaat…

2 thoughts on “Beda Model, Strategi, Metode, Pendekatan, dan Teknik Pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s