Pembelajaran Kooperatif Tipe Ti-To


Pertemuan kedua perkuliahan strategi dan model pembelajaran membahas tentang klasifikasi model pembelajaran menurut Joyce dan Weil (2009). Terdapat empat klasifikasi model pembelajaran menurut Joyce dan Weil, yaitu:

1. Kelompok Model Pembelajaran Memproses Informasi

2. Kelompok Model Pembelajaran Sosialbelajar-bersama-jig-saw

3. Kelompok Model Pembelajaran Personal

4. Kelompok Model Pembelajaran Sistem Tingkah Laku

Di samping menyampaikan materi perkuliahan dengan baik, fokus perkuliahan saya adalah membuat mahasiswa berani berpendapat, mengungkapkan ide, dan merasa percaya diri. Untuk itu digunakan model pembelajaran kooperatif agar mereka mampu bersosialisasi dengan baik serta mampu bekerjasama sebagai 1 tim/kelompok. Kemampuan masing-masing mahasiswa dalam bersosialisasi dan bekerjasama tidak sama. Beberapa mahasiswa aktif dan pandai bersosialisasi, tetapi beberapa mahasiswa belum mampu dan sulit bersosialisasi. Oleh karena digunakan tipe Time Token untuk mendukung pembelajaran kooperatif yang sedang berlangsung.

Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token sangat tepat untuk pembelajaran struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali.

Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :

  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran/KD.
  2. Guru mengkondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL).
  3. Tiap siswa diberi sejumlah kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik per kupon. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.
  4. Bila telah selesai bicara kupon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap tampil berbicara satu kupon. Siswa dapat tampil lagi setelah bergiliran dengan siswa lainnya.
  5. Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Siswa yang masih memegang kupon harus bicara sampai semua kuponnya habis.
  6. Demikian seterusnya.
Model ini memiliki struktur pengajaran yang sangat cocok digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, serta untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali.
Kelebihan :
·         Semua siswa aktif dalam mengeluarkan pendapatnya dan berpartisipasi dalam diskusi.
·         Dapat menumbuhkan dan melatih keberanian siswa dalam berpendapat bagi siswa yang pemalu dan sukar berbicara.
·         Semua siswa mendapatkan waktu bicara yang sama sehingga tidak akan terjadi pendominasian pembicaraan dalam berlangsungnya diskusi.
Kelemahan :

·         Siswa yang memiliki banyak pendapat akan sulit mengutarakan pendapatnya karena waktu yang diberikan terbatas.

Dari pembelajaran hari ini, hanya 3 mahasiswa yang belum mampu mengemukakan ide dan sulit berbicara di kelompoknya. Di sisa akhir waktu perkuliahan, sempat memberikan motivasi pada mereka tentang asyiknya menjadi guru. seperti yang dikemukakan Prof Dr H Muslimin Ibrahim bahwa Guru adalah pekerjaan yang indah dan menyenangkan. Beliau memberikan alasan bahwa seorang guru setiap dia melangkah dan bertemu mahasiswanya, maka akan mendapat doa. bisa berupa ucapan salam dan selamat pagi, pak dll. Guru selalu didoakan siswanya dengan doa selamat di waktu pagi dan lain2. Selanjutnya memutar video PPL (microteaching) saya ketika kuliah di Unesa. Antusias dan rasa senang terlihat dari wajah mereka. dan mereka tidak sabar mengikuti mata kuliah microteaching yang baru tahun depan diprogramkan. . . .

Memotivasi dan memberikan dukungan pada siswa sangat penting karena mereka membutuhkannya agar semangat lagi dalam perkuliahan. Mengingat banyak sekali tugas-tugas mahasiswa. Perlu diteliti dan dikembangkan lagi agar pembelajaran lebih menyenangkan. Salam Sukses buat kita semua

download materi: http://www.4shared.com/office/xk2n1t-j/Bab_2.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s