Menulislah Sampai Kau Terlelap


Kegelapan itu sedikit demi sedikit menemukan cahaya. Ada sedikit cahaya untuk meraih impian yang dulu sulit terwujudkan. Begitulah yang saat itu aku rasakan. Pada hari ini, saya menemukan sebuah blog yang inspiratif dan juga buku yang bagus untuk memotivasi kita agar membiasakan diri dengan menulis. Menulislah sampai kau terlelap……Kalimat yang menjadi penyemangat saya agar tetap tekun dalam belajar menulis.

Di saat istirahat makan siang sehabis pulang sholat jumat, saya kembali menulis di blog ini. Mungkin gaya bahasa dan alur cerita kurang enak dibaca, tetapi harap maklum, karena saya baru menegaskan diri menjadi pecandu tulis. hehe. Saya kenal dengan Bapak Wijaya Kusumah di Facebook dan di blog. Beliau menerbitkan buku yang bagus untuk dibaca agar kita mendapatkan cahaya dalam mebuat karya berupa tulisan. ages

Perasaan yang aku rasakan sebelum kenal dengan beliau bisa diibaratkan dengan ketika kecil dulu kita belajar berjalan. Sulit pada awalnya, bahkan beberapa kali terjatuh dan menangis karena lutut berdarah, tetapi karena tak patah asa, maka sampai saat ini kita sangat senang berjalan kaki dan berlari melihat indahnya dunia. Begitulah OmJay (sapaan akrab Bapak Wijaya Kusumah) menginspirasi agar kita semua belajar menulis. Seorang yang hebat tidak akan diakui kehebatannya apabila belum menuliskan sebuah karya. Saya sangat setuju dengan statement itu. Sebagai dosen muda yang baru, saya merasa banyak sekali kekurangan dan selalu optimis untuk bisa terus imrpove diri agar lebih berguna bagi semua orang. dengan apa? tentunya dengan menghasilkan karya.

Menulislah sebelum mati, agar ada pesan kepada anak cucu tentang apa yang sudah anda lakukan semasa hidup. Begitulah pesan omJay untuk memotivasi kita agar selalu menulis di setiap hari. di mulai menulis yang mudah dulu yaitu pengalaman pribadi atau pengalaman sehari-hari. Bisa kejadian yang dialami. Setelah itu baru menulis tentang lingkungan sekitar dan mulai menulis tentang permasalahan2 yang ada untuk dicari solusi nya.

Harus ada komitmen dan konsistensi dalam menulis. jangan pernah berhenti menulis. Biasakanlah menulis setiap hari mulai dari bangun tidur, istriahat jam makan siang atau menjelang kita tidur. Menulislah sampai kau terlelap……Begitu kiranya pekik yang membuat saya untuk selalu berkarya, belajar dari mereka yang berpengalaman. Seperti halnya bangsa JEpang yang menerapkan ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Alhasil di bulan maret 2013, buku yang saya beli adalah:

1. Curicullum

2. Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi (Karya: OmJay)

3. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi 2 (Karya: OmJay)

Saya yakin, selalu ada jalan untuk mereka yang mau bersungguh-sungguh. Dalam Hadist disebutkan Man Jadda Wa Jada (Siapa yang bersungguh-sungguh pasti mendapatkan apa yang diingankan). Begitu juga Prof Yohanes Surya mengenalkan Teori Mestakung yang terkenal dengan 3 Hukum  nya, yaitu:

1. Hukum Kritis

2. Hukum Langkah

3. Hukum Tekun

Mengutip kata Albert Einstein sebagai akhir dari tulisan di blog saya hari ini “Saya TIDAK PUNYA BAKAT KHUSUS, saya hanya SELALU PENASARAN”

Saya sadar, saya bukan dari orang yang memiliki bakat khusus dan pemikiran yang genius, tetapi satu hal yang selalu ada dalam diri saya adalah rasa penasaran dan selalu bersemangat untuk mencapai impian. Karena kita tidak dilarang untuk bermimpi besar, dengan mimpi besar itu, kita siapkan juga upaya dan semangat untuk meraihnya. Mario Teguh pernah berkata: “Tidak ada cita-cita yang terlalu tinggi, yang ada adalah UPAYA yang belum sesuai bagi tingginya cita-cita”.

Semoga saya selalu konsisten menuliskan pengalaman2 sehari-hari agar gaya menulis semakin terasah dan kreativitas menulis semakin nyata. Maaf bila masih semerawut  (kacau) tulisan saya, harap maklum.

“Membaca- Menulis-Meneliti”

Best Regards

Agus Rohman

Tinggalkan Balasan

