Dengan Buku, Aku Bebas


Entah mengapa, saya sejak kuliah S2 suka banget ngumpulin, fotocopy, dan beli buku. Pantas saja ketika akan hijrah ke tangerang, beberapa dos isinya buku semua. Saya bawa pakaian hanya 3 buah saja. Candu itu berlanjut ketika sudah berada di tangerang. Saya sangat beruntung telah menjadi bagian di kampus tempat saya mengajar. Di sana banyak sekali ilmu dan orang2 yang berpendidikan tinggi. Buku di perpustakaannya juga rata-rata baru dengan tahun terbit 2010 ke atas. Saya sangat nyaman berada  di sana. Terasa ada pusaran energi positif berada di sekeliling mereka, sehingga saya pun termotivasi untuk terus belajar dan belajar.

Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.”

– Mohammad Hatta-

Mengutip kata-kata dari pahlawan proklamator yang jujur dan bijaksana, beliau termasuk orang yang suka baca buku. Bahkan beliau rela di penjara, asal tetap bersama buku. Karena bagi beliau, dengan buku terasa bebas. Jujur bakal ajur, ups salah! jujur bakal mujur, saya belum bisa seperti Bapak Moh. Hatta. Saya baru bisa sebatas mengumpulkan dan mengkoleksi buku saja. Kalau butuh baru di buka. Kalau ada waktu luang, baru di buka. Saya sadar bahwa kebiasaan itu harus diubah, karena saya menginginkan kebebasan.

Kartun Harakah Buku Jingga

Kebebasan yang saya inginkan adalah kebebasan berpikir dan berpendapat. Dengan membaca bukulah saya akan mendapatkan kebebasan. Baca Buku, Buka Dunia. Dengan membaca banyak buku, saya semakin tahu. Saya ingin membagikan apa yang saya tahu kepada orang lain dengan menuliskannya. Semakin banyak yang saya baca, semakin banyak yang saya tuliskan. Berhubung saya beberapa minggu ini ingin menghasilkan karya dari tulisan, maka saya harus banyak membaca.

Bisa karena biasa. Membaca dan menulis saling terkait. Tidak ada di dunia ini seorang penulis hebat yang tidak suka membaca buku. Memang semua harus dipaksa. Karena dengan dipaksa, lama-lama akan terbiasa, dan akhirnya kita bisa.

Mimpi membuat perpustakaan pribadi di rumah impian bersama istri dan anak nanti sudah ada sejak dulu. Saya ingin mempunyai ruangan yang khusus untuk membaca dan belajar. Dengan itu, saya akan memperoleh kebebasan. Semoga semua dilancarkan Sang Maha Tahu, Pemilik Ilmu.

2 thoughts on “Dengan Buku, Aku Bebas

  1. dari sekian banyak buku yang telah dimiliki buku apa yang paling disukai? boleh dong sekali sekali review bukunya di sini😀

    atau dibikin presentasinya tiap minggu juga boleh. Saya siap menjadi panitia penggerak massa😀

Tinggalkan Balasan

