Mau Panjang Umur? Silaturrahimlah


gambarskill162_aSumber: http://www.grobogancybermedia.com

 

“Silaturahim” berasal dari kata dalam bahasa arab “silah” yang artinya “menyambungkan” dan “rahim” yang artinya “kasih sayang dan pengertian”. Sehingga kalimat “silaturahim” maknanya adalah “menyambungkan kasih sayang dan pengertian”. Ini sangat berbeda dengan makna kata “silah” yaitu “menyambungkan” dan “rahmi” yang ternyata artinya adalah “rasa nyeri pada saat seorang ibu hendak melahirkan”. Sehingga kurang tepat dengan maksud penggunaan sebagai ungkapan makna kata ini untuk menggambarkan aktivitas saling berkunjung untuk mempererat tali persaudaraan dan kekerabatan. Namun uniknya, justru istilah “silaturahmi” ini terlanjur lebih populer di tengah masyarakat Indonesia.

Silaturrahim juga sering dikaitkan dengan panjangnya umur seseorang yang melakukannya. Saya pernah mengikuti kajian tentang ini, dan dari situlah saya mulai paham. Panjang umur di sini banyak mengalami pemaknaan berbeda. Ada yang memaknai umurnya benar2 menjadi panjang, ada juga yang memaknai umurnya jadi barokah (bermanfaat), ada juga yg mengatakan bahwa ketika orangnya sudah meninggal, jasa2 akan dikenal sepanjang masa, artinya biar orangnya sudah meninggal, tetapi tetap dikenang selamanya.

Saya mengambil satu makna di atas untuk dimisalkan. Saya pernah bertamu dan berkunjung ke rumah Profesor. Di rumah beliau menceritakan kisah hidup dan perjuangan yang dialami dari masa sulit sampai masa suksesnya, sekitar 20 tahun hanya diceritakan dalam waktu 1 jam. Dalam hal ini, bisa dikatakan saya menghemat waktu 20 tahun karena pengalaman profesor selama 20 tahun hanya saya alami dalam 1 jam saja. Bisa dimengerti?? hehe.

Dalam sebuah organisasi juga sangat dianjurkan untuk bersilaturrahim ke organisasi lain. Istilahnya melakukan study banding. Dalam study banding tersebut, antara organisasi saling bertukar informasi kegiatan dan mungkin memberikan solusi. Hal ini sangat penting demi kelanjutan organisasi ke depan. Saya dulu ketika menjabat menjadi ketua umum UKM kerohanian melakukan study banding, dan banyak sekali ilmu yang didapat. Selain itu, punya link dan sahabat seperjuangan yang banyak. Penambahan koneksi ini penting sekali dan akan berguna ketika sudah lulus kuliah. SANY4854SANYO DIGITAL CAMERA

Sahabat-sahabat perjuangan kini telah banyak yang sukses. Hal ini sesuai dengan apa yang mereka tanam semasa kuliah. Sebuah kerja keras dan pengorbanan. Menjadi mahasiswa luar biasa. Menjadi mahasiswa yang beda dengan yang lain. Mahasiswa yang super sibuk dengan aktivitas kuliah, organisasi, dan ada juga yg kerja paruh waktu. Saat ada sahabat yang belum dapat pekerjaan, kami selalu mencarikan info untuk membantunya. Saat ada beasiswa, sms/telp berantai pun sering terjadi. We are family.

Saya masih ingat ketika kekurangan dana untuk study banding ini. Mengajukan proposal ke rektorat dan mencari dana segar dengan membuka koperasi dan kantin UKM Kerohanian menjadi andalan dan sokongan dana demi lancarnya kegiatan. Mulai di didik menjadi pengusaha dan mencari dana.modal kegiatan membuat kami terbiasa berpkir efektif dan efesien. Menjadikan kesempatan sebagai peluang yang tak boleh disia-siakan. Dalam organisasilah banyak sekali keterampilan soft skill yang diperoleh, sedangkan kuliah kami mendapatkan keterampilan hard skill-nya. Indah sungguh indah masa-masa ini…dan saat ini saya ingin menularkan pada mahasiswa saya, semoga dipermudah dan diberi kelancaran Tuhan YME.

 

Salam Satu Keluarga Sahabat di UKKI Unesa. Terima kasih telah mengajarkan saya banyak hal. Dari seorang yang pendiam, kini menjadi orang yang berbeda. Berani tampi di depan adalah suatu hal yang telah lama terimpikan dulu, dan kini bisa terwujudkan.

 

Best Regard

Agus Rohman

4 thoughts on “Mau Panjang Umur? Silaturrahimlah

  1. ini pak, ad nadzoman dari terkumpulnya huruf idzghom syamsiyah,,,,pak agus masih imut mboten..??
    طِبْ ثُمَّ صِلْ رَحْمًا تَفُزْ ضِفْ ذَا نِعَمْ # دَعْ سُوْءَ ظَنِّ زُرْ شَرِيْفًا لِلْكَرَمْ
    (Bersikap haluslah kemudian sambunglah tali persaudaraan. Maka kamu akan beruntung.
    Berikanlah orang ini pada orang yang mempunyai beberapa nikmat.
    Tinggalkanlah pransangka buruk. Kunjungilah orang yang yang mulya karna kemulyaannya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s