Belajar dari Buku “Thinking Physics”


Copy Of IMG00959-20130426-1135 Hari ini ketemu buku luar biasa di perpus. Kata pegawai perpus, terdapat buku koleksi Prof Yohanes Surya, Ph.D. di rak khusus. Akupun mencoba hunting buku-buku bagus. Ternyata memang semua buku beliau bagus-bagus. Kemarin sudah menghatamkan buku koleksi beliau yang berjudul Dunia Tanpa Sekolah. Sekarang saya akan share juga buku yang berisi konsep-konsep fisika dengan judul Thinking Physics.

Buku tersebut di tulis oleh Lewis Carrol Epstein. Di halaman depan terdapat kata – kata menarik yaitu:

Algebra is a wonderful invention. It enables to do physics, without understanding

Saya ada rencana untuk mengkaji dan mengshare kan di blog ini setiap isi dari buku tersebut. Semoga saja saya bisa istiqomah (ajeg/konsisten) untuk menuliskannya.

 

Copy Of IMG009606-1135

Buku koleksi milik prof yohanes surya ini dicetak pada 2005. Saya cek di amazon.com tadi memang edisi ketiga ini yang terbaru. Materi fisika yang terdapat dalam buku tersebut adalah mekanika, fluida, kalor, gelombang, cahaya, listik dan magnet, relativitas, dan kuanta.

Menurut saya, buku tersebut berisi semacam soal – soal konsep dengan logika sederhana sampai yang rumit. Jadi konsep fisika harus benar2 dipahami bukan hanya sekedar dihafal. Sehingga miskonsepsi akan berkurang. Memang selama ini miskonsepsi sering terjadi. Sebagai seorang pendidik, sebaiknya konsep harus benar-benar dikuasai.

 

Regards.

Agus Rohman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s