Antusiasme dan tawa Mereka


Kuliah metode dan strategi pembelajaran fisika kali ini lebih menarik lagi. Mahasiswa yang telah mengikuti UTS minggu kemarin terlihat begitu antusias mengikuti perkuliahan. Kemungkinan mereka sudah mulai terbiasa dengan gaya belajar yang saya terapkan. Menuntut mereka untuk berani berkomentar dan mengungkapkan pendapatnya.

Model pembelajaran yang saya ajarkan pada hari ini ada 2 yaitu model kooperatif tipe NHT (Number Head together) dan TPS (Think Pair Share). fase-fase dalam pembelajaran kooperatif informal yang dikembangkan Kagan dan Frank Lyman memiliki fase yang lebih sederhana dan mudah diterapkan. Oleh sebab itu, saya ajarkan pada mereka dua model pembelajaran sekaligus. Hal ini dikarenakan minggu depan saya tidak bisa melakukan perkuliahan karena harus pergi ke Serui Kepulauan yapen Papua untuk seleksi mahasiswa. Ah ini pengalaman pertama saya ke sana, agak takut tetapi senang juga bisa bertemu dan kenal lebih dekat masyarakat papua yang terkenal sopan terhadap pengajarnya.

Model NHT memiliki 4 fase yang cukup mudah dipahami tetapi saya tetap menerapkan model tersebut setelah saya menjelaskan fase-fasenya. Terlihat para mahasiswa merasa senang dan antusias sekali.

DSCF0332DSCF0328 Tanpa persiapan sebelumnya dalam membuat nomor kepala, mahasiswa sangat antusias membuatnya. Terlihat daya kreatif mereka. Ada yang membuat nomor berbentuk topi, mantel, perisai, dan lain-lain. Tujuan dari NHT adalah meningkatkan penguasaan kademik/konsep sehingga guru diharuskan mereview pembelajaran yang telah dilakukan. Sedangkan tujuan dari TPS adalah memberi siswa waktu lebih banyak untuk berpikir.

Mengajar metode dan strategi pembelajaran memang lebih mudah dengan dipraktekkan. Tidak perlu menghafal fase-fase, yang terpenting adalah pemahaman mereka. Saya yakin dengan langsung menerapkan materi yang diajarkan seperti ini, mereka akan lebih mudah mengingat ketika PPL (praktek pengalaman lapangan) nanti. Semoga.

Saya yakin mereka bisa menjadi pendidik yang dirindukan siswa nanti, semangat mereka untuk terus belajar dan belajar serta rasa ingin tahu yang begitu kuat (curiosity).

DSCF0318

Saya sertakan PPT tentang NHT dan TPS, semoga bermanfaat.

http://www.4shared.com/office/VhKbruCo/Model_Kooperatif_NHT.html

http://www.4shared.com/office/Z69zUAI1/Model_Kooperatif_TPS.html

5 thoughts on “Antusiasme dan tawa Mereka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s