Group Design in Experimental Research


Hari ini terasa semangat sekali. Semangat itu dibuktikan dengan berangkat ke kampus jam 06.30 dan sampai 07.00 WIB. Selalu menjadi yang paling awal datang di ruang kerja adalah sebuah motivasi tersendiri. Beberapa hari kemarin sempat kacau dan bingung. Setiap selesai diskusi dengan doktor pendidikan, saya selalu bingung. Konon bingung itu tanda proses belajar ya. Saya rasa juga begitu. Sampai saya diberi nasehat dan tips yang beliau gunakan. Tipsnya adalah ketika membaca, usahakan ada “jejak” yang ditinggalkan, dengan membuat mind map. dengan datang lebih awal, saya berharap bisa belajar dulu dan membuat mindmap terhadap apa yang saya baca, sebelum memulai bekerja pukul 08.00 WIB.

Saya akan share hasil bacaan buku tentang penelitian eksperimental yang saya baca dari buku How to design and evaluate research in education by Franekel and Wallen (2007).

Group Design in Experimental Research

Membaca dengan membuat mindmap terasa lebih ringan. Tidak perlu dibaca semua, hanya dicari ide pokok setiap paragrag lalu dikaitkan dengan konsep utuh dalam 1 bahasan. Mungkin ini pertama kali dan terkesan agak kacau hasil mindmap saya, tetapi “always learning” karena masih banyak ilmu yang belum dikuasai. Ilmu akan semakin bertambah apabila diajarkan dan di share pada sesama. Semoga bermanfaat.

 

Tangerang, 20 Juni 2013

Agus Rohman – STKIP Surya

Tinggalkan Balasan

