Suatu Sore: Akhirnya!


Sudah hampir 1 tahun lamanya telah menanggalkan status sebagai seorang mahasiswa. Lulus sebagai mahasiswa pasca sarjana S2 di Surabaya tepat di bulan agustus 2012, kini bisa menjadi pendidik di salah satu kampus swasta di Tangerang. Sebagai pengajar yang freshgraduate tentu masih butuh pengalaman. Teori yang dipelajari di kampus juga seyogyanya diterapkan.

3 September 2012 terdaftar sebagai dosen di kampus ini, dan kini sudah 1 tahun yang penuh perjuangan berada di dalamnya. dalam waktu setahun tersebut, saya diberi kesempatan menjelajah Indonesia dengan mengunjungi Papua dan Ambon. Alamak……..belum pernah terbayang sama sekali untuk hal itu. Sungguh rencana Tuhan begitu sempurna.

Suatu sore di hari jumat, hari di mana seharusnya saya free menganjar karena hari – hari sebelumnya full mengajar, tetapi harus mengikuti rapat rutin. Rapat pembuatan panduan skripsi, PLPG, dan Microteaching dilanjut rapat Seminar Nasional, dan Rapat para pengajar Fisika. dalam 2 hari ini, saya harus menemani mahasiswa dalam kegiatan terlusuri misteri dunia dengan fisika. Kegiatan yang begitu padat, harus dinikmati saja, kalau tidak akan menjadi beban. Niatkan semata-mata karena Ibadah, agar bisa menjadi amal sholeh saat menjalankannya.

Foto0056

 

Sore itu, ya di suatu sore itu…di saat kelelahan berteman akrab denganku. Saya buka email dari HRD. Ah….akhirnya, Surat Keputusan Dosen tetap akan dikelurkan dan NIDN akan segera di uruskan. Senang….So pasti. karena dengan adanya NIDN, saya bisa melanjutkan kuliah lagi dengan mengambil beasiswa. Perjalanan masih panjang…..nikmati setiap langkah, karena proses kehidupan begitu indah.

Jalan menuju pengabdian kepada bangsa melalui jalur pendidikan begitu panjang. Tak mungkin harus berhenti di tengah jalan. Terkadang rasa itu datang, tetapi segera kutepis jauh dalam angan. Dunia pendidikan kini sudah mendarah daging dalam diri, meskipun kata itu agaknya terlalu lebay terucapkan.

Sekalai lagi, suatu sore, tekad untuk tetap di jalur pendidikan semakin kuat menancap dalam diri. Banyak yang harus dibenahi dalam pendidikan. Semangat itu muncul sebagai respon nyata selama satu mengajar di kampus ini. Begitu memperhatikan bagaimana pendidikan terjadi di wilayah Indonesia timur seolah membuka mata ku untuk tetap lurus dalam dunia pendidikan. Tugas itu masih banyak. Butuh kesabaran dan keuletan di dalamnya. Semoga istiqomah.

di tahun 2014, ada agenda besar yang menanti dan semoga dapat terwujud. Segera melepas masa lajang dan berharap bisa study S3 adalah agenda itu.

Salam pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s