Metode Pembelajaran terbaru dari Kanada


 

Whole Brain Teaching adalah metode pembelajaran yang dikenalkan di Amerika utara sejak 1999. Konsep tersebut mengajarkan metode pembelajaran dengan cara mengenali prinsip belajar anak didik yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu Visual, Verbal, dan Body/Kinestetic.

Strategi inti dari Whole Brain Teaching adalah bagaimana cara menarik perhatian audience dalam hal ini adalah anak didik sehingga mereka lebih terfokus pada materi yang diberikan guru. “Harus ada interaksi, karena metode pembelajaran yang ada selama ini cenderung menimbulkan kebosanan pada murid,” ujar Frank saat ditemui Malang Post usai acara.
Frank mencontohkan, untuk menarik perhatian murid guru bisa memberikan sahutan atau sapaan sederhana yang harus di jawab oleh murid. “Like we said Class..then our audience says Yes. Then we got they attention,” tegas pria asal Kanada yang telah keliling Asia untuk mengenalkan metodenya tersebut.
Ditempat terpisah, Rektor Universitas Kanjuruhan Malang, Drs. H. Moch. Amir Sutedjo, SH, M.Pd mengatakan bahwa standart sekolah internasional harus dimulai dari penguasaan bahasa inggris, sebab penguasaan bahasa asing akan membuka peluang untuk memperluas wawasan pengetahuan yang akan berdampak pada peningkatan kualitas output tenaga pendidik dari Universitas Kanjuruhan Malang.
Salah satu langkah yang ditempuh oleh universitas pencetak tenaga guru itu adalah dengan memberikan mata kuliah bahasa inggris secara berkesinambungan. “Jika dulu hanya diberikan di semester satu dan dua, kini sudah diterapkan hingga semester akhir, sehingga penggunaan bahasa Inggris itu bisa lebih konsisten dan berkesinambungan,” tegasnya.
Seminar tersebut rencananya akan dihadiri oleh Menkominfo Muhammad Nuh, namun, hingga acara dimulai, menteri kelahiran Surabaya itu tidak nampak dalam ruangan. “Pak Nuh ada urusan mendadak, sehingga tidak bisa datang. Dari Sidoarjo dia langsung ke Surabaya, tidak jadi kesini,” tukas ketua panitia sekaligus pembantu rektor Universitas kanjuruhan Malang, Dr. H. Bambang Warsito, M.Si. (mp)

9 thoughts on “Metode Pembelajaran terbaru dari Kanada

    • Baca buku Bagaimana Otak Belajar Edisi 4 (Soft Cover)
      oleh: David A. Sousa
      Penerbit: Indeks

      atau

      Pemelajaran Berbasis-Otak – Edisi Kedua (Soft Cover)
      oleh: Eric Jensen
      Penerbit: Indeks

  1. Whole Brain Teaching , model pembelajaran yang seperti apa ya? bagaimana penerapannya didalam kelas? bisa beritahu prosedur atau langkah-langkah model pembelajaran ini diterapkan di sekolah? apakah bisa diterapkan untuk sekolah yang berbasis kurikulum 2013? thanks🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s